Pengertian DROPSHIP dan CARA KERJANYA

APA ITU DROPSHIP?

Dropship dalam bahasa mudahnya yaitu NUMPANG NAMA PENGIRIM BARANG. Jadi intinya, si pabrik/distributor ngirim barang langsung ke rumah pembeli kamu dan ditulis PENGIRIM: NAMA OLSHOP KAMU. Sehingga pembeli taunya yang ngirim barangnya adalah kamu sendiri bukan Supplier. Enak kan? Paham kan?

Langkah2 Awal Mau Main DROPSHIP

  1. Pilih dan Tentukan Supplier
  2. Tanyakan pada supplier via Chat/Line/WA/DM dan Katakan bahwa anda mau DROPSHIP
  3. Setelah mendapat persetujuan dropship, Download/ambil gambar2 produk mereka yang ada di toko shopee atau instagram. Download gambar di Instagram pakai INSTASAVER.
  4. Simpan juga Deskripsi Produk, Harga ASLI dr supplier dan LOKASI BARANG DIKIRIM untuk menghitung Ongkir.
  5. Mulailah Promosi / Posting Produk di akun OLSHOP kakak dg Harga yang Sudah di Naikkan.
  6. Ketika ada yang pesan/beli, CEK Stok ke supplier. Apakah ready atau tidak. Jika Ready Hitunglah Ongkir dari ASAL LOKASI BARANG (rumah supplier) ke RUMAH PEMBELI KAMU. Jadi barang dikirim langsung dari supplier ke pembeli, tidak mampir rumah kamu.
  7. Jika sudah deal dg harga Plus hitungan ongkir, Mintalah PEMBELI untuk Transfer Uang TOTAL. HARGA BARANG + ONGKIR ke rekening kamu.
  8. Setelah uang masuk rek kamu Lalu ORDERkan Barang tersebut ke Supplier dg alamat pengiriman ALAMAT PEMBELIMU
  9. Transfer Uang ke Supplier (Harga ASLI Barang + Ongkir)
  10. Beri CATATAN ORDER ke Supplier: DROPSHIP a.n NAMA OLSHOPMU no HP 08xxx
  11. langkah nomor 10 adalah kunci dari DROPSHIP. Soo jangan sampai Ketinggalan.
  12. Tunggu Supplier Mengirim Barangnya dan Mintalah RESI
  13. Berikan nomor RESI Pengiriman tadi Ke Pembeli Kamu.

Dari 13 Tahap Diatas lalu dimana LABA kita? yup, ketika ada pembeli kakak menjual dengan HARGA KAKAK sendiri lalu kita ORDERKAN ke SUPPLIER pakai HARGA ASLI SUPPLIER. sisanya? UNTUK KAMU SEMUA.. So, kita bebas mau ambil untung berapapun bisa.. Dibawah ini contoh diagram ALUR DROPSHIP di Shopee. Berlaku juga untuk Supplier yang di Instagram, Tokopedia, dan Bukalapak.

Selamat Berdropship ria,, Pada intinya dropship itu layaknya kita hanya numpang nama pengirim saja. Tidak perlu stok barang, tidak perlu ngurusin kiriman barang. Hanya numpang uang lewat rekening kita dan nama pengirim saja. Mudah bukan? Yuk Keep spirit dan Take Action ya..

Tinggalkan Balasan