♢♢♢

www.jempolpreneur.com adalah website resmi Komunitas Jempol Preneur(KJP), sebuah organisasi di bawah naungan PT. Aneka Ilmu Mandiri yang di bentuk sebagai wadah yang tepat bagi anda yang ingin belajar, memulai, dan merintis bisnis di dunia digital.

Komunitas Jempol Preneur
kontak@jempolpreneur.com
Telp (0421) 2922488

3 Modal Dasar Memulai Bisnis, bukan hanya uang

“Bang saya mau mulai bisnis tapi belum punya duit, bagaimana saya bisa mulai ?”

Itu lah pertanyaan yang di lontarkan salah seorang yang chat dengan saya via aplikasi whatsapp. Pertanyaan di atas juga sering di tanyakan oleh orang-orang yang baru mau terjun ke dunia bisnis. mungkin anda termasuk ?

Yes i know that, saya juga dulu mengalami hal tersebut. Namun tahukah anda, ternyata Duit bukan lah satu-satu nya syarat yang harus di miliki untuk memulai sebuah bisnis. Lalu apa dong ?

Berikut saya akan bahas 3 Modal Dasar Memulai Bisnis :

  1. ILMU
    Yes, Modal utama sebenarnya yang harus anda miliki sebelum memulai bisnis adalah Ilmu, bahkan seandainya kamu memiliki banyak uang tapi belum memiliki ilmu bisnis saran saya jangan buka bisnis dulu tapi gunakan uang tersebut untuk membeli ilmu. Misal beli buku, ikut pelatihan bisnis, atau membayar seorang mentor bisnis.

    Memang ada istilah mulai aja dulu, belajar kemudian. Ini memang ada benarnya. Tapi akan lebih efisian jika belajar dulu, minimal belajar dasarnya. Dengan belajar akan memperkecil resiko kegagalan dalam bisnis. Selain itu dengan mengutamakan ilmu maka kamu bisa saja memulai bisnis tanpa modal. Jadi menurut saya. Modal Utama dalam memulai bisnis adalah ILMU.
  2. RELASI
    Tidak punya ilmu dan juga tidak punya uang untuk beli ilmu ? Tidak masalah setidaknya kamu punya relasi. Relasi adalah hubungan dengan orang lain. Maksudnya kamu memiliki koneksi dengan orang-orang yang udah jago berbisnis. Untuk mendapatkan relasi maka kamu harus aktif berinteraksi dengan orang lain yang berprofesi sebagai pebisnis. Contohnya dengan bergabung ke komunitas-komuntias bisnis.

    Banyak komunitas bisnis yang sering mengadakan event-event bisnis dan kamu bisa menjadi anggota komunitas secara gratis. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan Ilmu melalui sharing bersama mereka secara gratis.
  3. UANG
    Tidak saya pungkiri, uang memang salah satu modal memulai bisnis. Dengan adanya uang maka anda akan lebih mudah dalam memulai. Anggaplah kamu belum punya ilmu bisnis dan belum ada relasi bisnis. Tapi dengan uang kamu bisa membeli Ilmu bisnis dan menggunakan uang mu untuk ikut pelatihan-pelatihan bisnis. Ketika kamu mengikuti pelatihan bisnis maka kamu akan mendapatkan relasi ke orang-orang yang juga berkecimpung dalam dunia bisnis.

    Untuk kamu yang saat ini tidak memiliki uang, saran saya mulai lah berhemat dan menabung. Saya percaya bahwa sebenarnya kamu punya uang hanya saja mungkin uang mu lebih kamu priortiaskan ke hal lain misal beli pulsa, nongkrong, atau membeli fashion. Walaupun sedikit usahakan ada yang bisa kamu sisihkan untuk kamu tabung. Jangan selalu beralasan tidak punya uang padahl sebenarnya kamu bisa menabung.

Itulah 3 Modal Dasar Memulai Bisnis. Jika selama ini kita berfikiran bahwa modal mulai bisnis hanyalah uang, maka sekarang tidak lagi. Sekarang kita sadar modal memulai bisnis tidak hanya uang ada Ilmu dan Relasi. Mulai lah dengan yang kamu miliki saat ini. Dan usahakan kamu memiliki semuanya. Kalau belum memiliki semuanya setidaknya kamu punya usaha untuk mendapatkan salah satunya terlebih dahulu dan menggunakan itu untuk mendapatkan semuanya.

Oke semoga tulisan ini bermanfaat

Mari berbagi manfaat tulisan ini dengan cara klik tombol “Salin” lalu paste di sosial media anda

Fakta !!! Ternyata modal memulai bisnis bukan hanya UANG. Ada hal lain. Penasaran ? baca tulisan berikut 👇
https://jempolpreneur.com/3-modal-dasar-memulai-bisnis-bukan-hanya-uang/?reg=

SalamSukses
SalamJempol👍😊
ZULRAHMAN

 3,121 total views,  1 views today

Zulrahman zulrahman

Akrab di sapa Bang Zhul, adalah Pebisnis Muda yang saat ini sebagai Direktur Utama di PT. Aneka Ilmu Mandiri. Selain itu juga menjalankan beberapa usaha di antaranya anilma.co.id, hajatan.info, jempolpreneur.com dan masih banyak lagi yang lainnya. Beliau lahir pada tanggal 05 Juni 1998 oleh dua sosok malaikat bernama Muh. Tahir dan Sumarni. Saat ini didampingi oleh sosok bidadari bernama Nurbathin.

You also like

Mengenal Macam-macam Jenis Lisensi Produk Digital

Produk Digital adalah jenis produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilihat secara kasat mata, melainkan…

Senjatanya Pebisnis Online

Senjata bukanlah faktor penentu kemenangan tapi dengan senjata yang baik dan lengkap akan memperbesar peluang anda menang Pada…

“KATA KUNCI” SORANG PENGUSAHA !

Saya pernah belajar bahwa setiap profesi, punya kata kunci masing-masing. Contohnya guru. Guru, kata kuncinya adalah Cerdas.Kalau jadi…

Leave a Reply




Bagian ini berisi iklan adsense :