♢♢♢

www.jempolpreneur.com adalah website resmi Komunitas Jempol Preneur(KJP), sebuah organisasi di bawah naungan PT. Aneka Ilmu Mandiri yang di bentuk sebagai wadah yang tepat bagi anda yang ingin belajar, memulai, dan merintis bisnis di dunia digital.

Komunitas Jempol Preneur
kontak@jempolpreneur.com
Telp (0421) 2922488

Mengenal Macam-macam Jenis Lisensi Produk Digital

Produk Digital adalah jenis produk yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilihat secara kasat mata, melainkan hanya berbentuk digital dan hanya bisa di pakai dengan menggunakan perangkat elektronik. Setiap produk digital memiliki hak ciptanya (Lisensi) nya masing-masing.

Lisensi adalah suatu izin untuk menggunakan suatu produk/layanan. Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang dilisensikan. 

Sebagai seorang Digital Preneur (Pebisnis Online) anda wajib mengetahui macam-macam jenis Lisensi produk digital. Jangan sampai anda melanggar aturan lisensi suatu produk, ancaman hukumannya bisa denda puluhan juta bahkan ratusan juta loh


Berikut Mengenal Macam-macam Jenis Lisensi Produk Digital

Personal Licence

Personal License merupakan satu jenis lisensi produk digital dimana seseorang boleh menggunakan layanan atau produk hanya untuk dirinya sendiri. Biasanya lisensi ini tidak boleh untuk diperjual belikan maupun dimodifikasi. 

Commercial Licence

Lisensi yang satu ini merupakan macam lisensi produk digital dimana seseorang bisa menggunakan layanan atau produk untuk proyek klien, serta mememperoleh menjual produk akhir dari hasilnya yang berupa gambar, video, dll. Untuk lisensi produk digital ini biasanya tidak boleh diperjual belikan segera atau dimodifikasi namun bisa digunakan untuk proyek komersial Ada yang menggunakan pembatasan jumlah ada juga yang tanpa batasan. Ada juga yang tidak boleh memperjual belikan tanpa seizin dari penciptanya.

Developer Licence

Developer Licence atau lisensi pengembang merupakan macam lisensi produk digital dimana seseorang dapat mengembangkan perangkat lunak tersebut Berhubungan dengan menggunakannya serta memperdayakannya untuk membuat perangkat lunak yang Tidak sejenis Beberapa manfaat dari lisensi ini antara lain adanya pemotongan Potongan harga, kemampuan untuk mendapatkan pertanyaan dan jawaban serta akses ke API pemrograman yang lain.

Namun bagi lisensi ini biasanya anda dilarang menjualnya kembali. Beberapa software terkadang menetapkan aturan bagi penjualan harga dari produk yang dihasilkan. Namun biasanya produk ini bisa digunakan tanpa adanya jangka waktu yang ditentukan. Jadi anda bisa menggunakannya terus Terus-menerus meskipun nantinya tidak lagi membelinya setelah produk tersebut mengalami perubahan versi yang Berlebihan baik lagi oleh para pengembang produk tersebut.

Private Label Right

Lisensi produk digital selanjutnya adalah Private Label Right (PLR) dimana sesuatu produk dapat dijual kembali produk tersebut dan mengklaim bahwa produk tersebut adalah produk yang anda buat namun nama produknya tidak boleh anda ubah. Anda juga menmemperoleh menjualnya dengan keuntungan seluruhnya bisa anda miliki sendiri.

White Label

Produk yang berlisensi White Label berarti produk tersebut bisa anda mengubah namanya atau mereknya serta anda bisa menjualnya kembali sesuka hati. Pemilik produk tersebut memberikan hak Hak cipta sepenuhnya kepada pembelinya untuk memperjual belikan kembali, sehingga modal yang dbituhkan hanya satu kali saja.

Master Resell Right

Lisensi MRR tingkatannya lebih tinggi di bandingkan PLR dan White Label. Jika anda membeli produk dengan Lisensi MRR maka si pembuat produk akan memberikan anda Master produknya, dengan begitu anda bisa modifikasi sesuka anda, anda bisa mengubah isi, nama/merek, serta menjualnya bahkan membuat lisensi baru.

Itulah beberapa macam lisensi barang digital yang ada di dunia dan juga Indoensia. Tentunya setiap lisensi memberikan hak yang berbeda beda kepada pembelinya. Saya sangat menyarankan anda sebelum membeli suatu produk perhatikan terlebih dahulu jenis lisensi yang akan anda dapatkan.

Sekian, Semoga bermanfaat.
SalamSukses
SalamJempol👍😊

 1,376 total views,  1 views today

Zulrahman zulrahman

Akrab di sapa Bang Zhul, adalah Pebisnis Muda yang saat ini sebagai Direktur Utama di PT. Aneka Ilmu Mandiri. Selain itu juga menjalankan beberapa usaha di antaranya anilma.co.id, hajatan.info, jempolpreneur.com dan masih banyak lagi yang lainnya. Beliau lahir pada tanggal 05 Juni 1998 oleh dua sosok malaikat bernama Muh. Tahir dan Sumarni. Saat ini didampingi oleh sosok bidadari bernama Nurbathin.

You also like

Senjatanya Pebisnis Online

Senjata bukanlah faktor penentu kemenangan tapi dengan senjata yang baik dan lengkap akan memperbesar peluang anda menang Pada…

“KATA KUNCI” SORANG PENGUSAHA !

Saya pernah belajar bahwa setiap profesi, punya kata kunci masing-masing. Contohnya guru. Guru, kata kuncinya adalah Cerdas.Kalau jadi…

3 Modal Dasar Memulai Bisnis, bukan hanya uang

"Bang saya mau mulai bisnis tapi belum punya duit, bagaimana saya bisa mulai ?" Itu lah pertanyaan yang…

Leave a Reply




Bagian ini berisi iklan adsense :