0
Menu
♢♢♢

www.jempolpreneur.com adalah website resmi Komunitas Jempol Preneur(KJP), sebuah organisasi di bawah naungan PT. Aneka Ilmu Mandiri yang di bentuk sebagai wadah yang tepat bagi anda yang ingin belajar, memulai, dan merintis bisnis di dunia digital.

Komunitas Jempol Preneur
kontak@jempolpreneur.com
Telp (0421) 2922488

Cara Memanfaatkan Kegagalan

Betapa banyak di antara kita yang takut dengan kegagalan atau kesalahan. Ini sangat wajar karena memang kegagalan adalah sesuatu yang kita hindari. Kita semua ingin mendapatkan keberhasilan. betul ?

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya gagal bukanlah sasuatu yang benar-benar buruk seperti yang ada di dalam pikiran kita selama ini. Andaikan kita bisa memaknai kegagal ini dengan makna yang lebih positif maka kita akan mendapatkan sesuatu yang baik.

Pada masa kanak-kanak saya suka menonton sebuah Film kartun berjudul “Magic Scholl Bus”. Anak kelahiran 90-an pasti tau film ini. Film ini menceritakan kehidupan di dalam sekolah yang penuh dengan berbagai percoba-percoban ilmiah. Salah satu kata yang selalu di ucapkan adalah guruanya adalah “Ambil kesempatan, Buat kesalahan, dan jadi berantakan!”.

dil on Twitter: "si eneng siapa dulu suka nonton jg😭… "

Take chances, make mistakes, and get messy!”

Ms Frizzle

Ms Frizzle guru di Magic Scholl Bus selalu mengucapkan hal tersebut. Dia mendorong para muridnya untuk membuat banyak kesalahan. Aneh ya, di kala guru yang lain menyuruh mengindari kesalah tapi Ms. Frizzle malah sebaliknya. Tapi kata-kata tersebut ada benarnya. Pada setiap kesalahan yang muridnya perbuat selalu ada pemebelajaran yang di dapatkan.

Walapun itu hanyalah sebuah film karton tapi pembuatnya juga manusia. Saya pribadi juga menjadikan kata-kata tersebut sebagai prinsip hidup. Saya selalu berusaha mengambil kesempatan yang ada, tidak peduli nantinya akan terjadi kesalahan (kegagalan) atau tidak. Yang pasti berhasil atau gagal pasti ada hikmah yang bisa di dapatkan.

Beranjak dewasa prinsip tersebut semaki menguat pada diri saya setelah mengikut kelas Motivasi seoarang guru bisnis di Indonesia yaitu Tung Desem Waringin. Ia menyuruh kita memberikan makna positif pada kata “gagal”. Sekarang saya memaknai kata gagal = belajar. Jadi setiap pendapatkan kegagalan berarti saya mendapatkan pembelajaran. Jika dalam kegagalan tersebut saya mengeluarkan biaya, maka biaya tersebut adalah biaya belajar.

Misal sewaktu memulai sebuah bisnis dengan modal jutaan rupiah tapi bisnis nya malah tutup maka jutaan rupiah tadi adalah biaya belajar yang telah saya keluarkan. Dan pastinya belajar adalah investasi yang baik, suatau saat akan memberikan manfaat.

Jadi bagaimana cara memanfaatkan kegagalan, yaitu dengan mengubah maknanya menjadi makna yang positif. Dengan begitu setiap anda mendapatkan kegagalan maka anda akan selalu mendapatkan sesuatu yang positif.

 2,365 total views,  1 views today

Zulrahman zulrahman

Akrab di sapa Bang Zhul, adalah Pebisnis Muda yang saat ini sebagai Direktur Utama di PT. Aneka Ilmu Mandiri. Selain itu juga menjalankan beberapa usaha di antaranya www.hajatan.info, www.linkweb.name, www.jempolpreneur.com dan masih banyak lagi yang lainnya. Beliau lahirkan pada tanggal 05 Juni 1998 oleh dua sosok malaikat bernama Muh. Tahir dan Sumarni. Saat ini didampingi oleh sosok bidadari bernama Nurbathin.

Mungkin Anda menyukai

Apa itu Pecah Telur dalam Dunia Bisnis ?

"Jika telur pecah dari luar maka itu adalah akhir dari sebuah kehidupan, Jika telur pecah dari dalam itu…

Rahasia Sukses Mbah Lasiyo dengan Memelihara TUYUL

Banyak orang yang percaya bahwa salah satu cara cepat untuk menjadi sukses adalah dengan memelihara TUYUL. Hal ini…

5 Mindset yang Bisa Buat Kamu Sukses dan Kaya

Dua buah peneilitian di tempat yang berbeda menemukan sebuah hasil yang sama. Penelitian pertama di Harvard University Amerika…

Tinggalkan Komentar




Bagian ini berisi iklan adsense :

Belanjaan Anda

Tidak ada produk di keranjang.

Kembali ke toko